Rabu, 20 Mei 2020

kegaduhan akan berlalu dengan sendirinya

Sebenernya agak iseng aja ngebatasin buka Twitter dan IG akhir-akhir ini. Kerjaan load-nya lagi tinggi-tingginya gitu kan di bulan Ramadhan, ditambah ada hal besar lain yang harus dirawat terus menerus tanpa lelah. Jadi aja kaya, "Duh udahan dah ini kita batesin aja sementara."

Ta pindahin lah itu aplikasi jadi satu folder yang kunamakan "BATASI" pake warna merah. Gak spesial sih, dulu 2018 juga pernah kan uninstall semua medsos 40 hari gitu, detoksifikasi. Bedanya yang sekarang gak ampe di-uninstall, akan tetapi, walau gak dihapus tuh aplikasi, gue menyadari hal lain yang baru.

Medsos ini selalu menawarkan banyak informasi setiap harinya, lengkap satu paket dengan insekuriti hahahaha. Rasanya ada yang kurang kalau gak ada informasi masuk ke kepala dengan cara instan. Gak terlalu sulit sih mengabaikan keinginan ini karena kerja juga kan sibuk banget udah pusing duluan.

Lalu pagi ini iseng lah buka lagi, ada apaan sih sekarang?

Dari semua berita yang menarik, gue sebut satu aja di sini dah. Ada Youtuber (atau entahlah siapa gue gak kenal) ngelelang keperawanannya ampe 2M buat nyumbang ke krisis Covid-19. Tapi pas scroll ternyata udah klarifikasi, sekarang kondisinya warganet lagi ngomentarin klarifikasinya, Bola terus bergulir rupanya.

Nah, ini kalau gue buka dari awal beritanya keluar (dibuka saat masih anget dan belum ada klarifikasi), mungkin gue udah tenggelam amazed, kesel, bingung, atau apa pun lah pada omongan dia. Baca-baca tweet yang viral soal opini masing-masing, mengiya-enggakan berbagai sudut pandang orang, ketawa karena meme-meme nya, dan banyak lagi.

Tapi saat gue kelewetan semua itu, apa yang hilang dari gue? Ternyata gak ada wkwkwk. Hidup masih harus dijalani, bahkan mungkin enak juga gue gak usah buang-buang ekspresi dan emosi ngikutin dari awal sampe akhir.

Hah, akhirnya gue menyadari bahwa kegaduhan akan reda dengan sendirinya. Semua orang memang punya hasrat buat mengutarakan opini, dan medsos provide itu. Juga karena manusia di bumi itu banyak banget, ngumpul di satu tempat dan BOOM, gaduh, akan jadi energy drainer sih buat gue. Melipir gak ikut mainin bola isu mungkin jadi pilihan yang bijak buat sekarang, jadi ketagihan dan gue.

Kita tetap harus hidup di dunia nyata toh. Menikmati dan mensyukuri apa yang di depan mata, yang bisa disentuh, yang bisa dirasa. Umur manusia itu pendek dan unsur dunia itu banyak banget, sebuah ketimpangan yang menjulang sangat.

Gak semua hal harus kita rasakan, gak perlu memaksa untuk mengalami banyak hal, kita hanya perlu memilih dan merasa cukup.

Udah ah, yok kerja lagi yok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar