Rabu, 21 Desember 2011

public speaking tips

halo blogger, dan halo blog
jujur aja, jarang banget gue nulis kaya gini, biasanya post gue kan berisi curhatan, penggalauan, cerita pribadi, dan hal-hal yang bisa bikin menggelinjang lainnya

ya, kali ini gue datang dengan post baru, gaya baru, muka baru
beberapa orang terkadang agak kesulitan berbicara di depan umum, beberapa lagi memutuskan untuk gak maju sama sekali... heloo guys! dunia perlu tau siapa elo


dan sekarang gue mencoba memberikan tips berdasarkan pengalaman gue

pertama, selalu anggap pendengar itu manusia
emang kesalahan orang dewasa kali ya, selalu bilang "anggep aja yang liat kamu batu", heeelooow lu orang apa dukun ngomong sama batu? #ganyelow , ya sory- sory, cuma aja beberapa orang waras lebih milih ngomong sama manusia dibanding sama batu. kalo lo takut ngomong sama orang, ya gausah takut, dia gak akan ngegigit kecuali pas malam pertama #eh

kedua, vokal dan intonasi
pernah liat ada motivator? ada yang gajelas ngomongnya? ga ada kan? ya, suara kita harus wibawa kalo mau didenger orang, dan intonasi juga penting,, naik turunnya suara itu ngaruh banget...

ketiga, hilangkan perilaku gak penting
banyak orang ketika disuruh maju akan terlihat menggaruk kepala, atau pantat, ya atau yang lainnya, plis! jangan ngeggaruk apa yang seharusnya gak lo garuk.
ada juga orang yang kalo maju kadang suka bilang "eeuuu aaaa,, eeeuuh" plis, sekali lagi gue bilang, ini bukan malam pertama

keempat, penampilan itu penting loooh
kata siapa kecantikan terlihat dari dalam? salah besar
studi menunjukan yang manusia gunakan pertama adalah mata, otulah sebabnya orang yang sukses ikut MLM biasanya ganteng-ganteng
balik lagi ke materi, kulit item gamasalah, tapi cara berpakaian, senyum, dan terlihat yakin udah cukup
percaya deh, sinetron Indonesia bakal keliatan lebih jelek kalo muka orang yang di-zoom itu bruntusan

kelima, do'a
gaada yang mau tanggung jawabkan kalo lu udah siap dengan materi tapi pas di atas semuanya blank? gaada yang mau tanggung jawabkan? orang hamil di luar nikah aja jarang ada yang mau tangung jawab

nah itutuh, kadang gue malah bingung kenapa gue berfikir buat ngepost kaya gini
tapi satu.... "seseorang membutuhkan makanan ketika dia lapar"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar